Sunday, January 22, 2012

asfiksia ringan

           Asfiksia ringan adalah hipoksia progresif dapat dilakukan rangsangan untuk menimbulkan refleks pernafasan selama 30-60 detik, bila nafas tidak timbul maka dilakukan bernafasan buatan sampai bayi bisa bernafas normal kembali (Prawiroharjo, 2002:714).
Sebagian besar (89%-90%) persalinan adalah normal tetapi gangguan dalam kehamilan dan proses persalinan dapat mempengaruhi kesehatan bayi-bayi yang baru dilahirkan. Sebagian besar kesakitan dan kematian bayi baru lahir disebabkan oleh asfiksia hipotermi dan infeksi. Kesakitan dan kematian bayi baru lahir dapat dicegah dengan asfiksia segera dikenal dan ditatalaksana secara adeakuat dibarengi pula dengan pencegahan hipoterami dan infeksi (APN, 2007: 4)
         Di Indonesia sekitar 70%-80% persalinan ditolong oleh dukun, terutama di daerah pedesaan, pertolongan persalinan oleh dukun menimbulkan berbagai masalah dan penyebab utama tingginya angka kematian perinatal diantaranya dikeranakan asfiksia neonatorum yang sering terjadi seaktu persalinan dengan frekuensu kejadian 50%-60%. (Manuaba, 1998: 319).untuk contoh askebnya, bisa anda download link di bawah ini.

No comments:

Post a Comment