Thursday, November 12, 2009

Cara Install Windows XP pada harddisk SATA dengan bantuan nlite


clip_image001
Cara Install Windows XP pada harddisk SATA dengan bantuan nlite. Apabila komputer (pc/laptop) anda menggunakan harddisk type SATA dan memilih untuk menginstal Operating System Windows XP, kemungkinan pada saat anda menginstall windows XP belum bisa mengenali Harddisk SATA tersebut, tetapi hardisk anda dapat dikenali oleh bios, apabila hal ini terjadi maka anda harus menginjeksikan driver sata komputer anda ke dalam file windows installer. Biasanya file driver sata sudah ada dalam cd driver notebook/mainboard yang anda peroleh pada saat anda membeli komputer.(jika cd ini tidak ada mintalah ke penjual komputer anda).
Apabila driver satanya tidak ada di cd tersebut, anda bisa mencari di situs pembuat komputer anda, Pada situs tersebut masuk ke tab driver, kemudian lakukan browse dan gunakan kata kunci sesuai spesifikasi komputer anda. Untuk notebook gunakan kode atau seri notebook anda :
misal: (laptop) Acer Travelmate 6291, (Pc) gunakan type dan seri mainboard misal : Gigabyte GA-P31-S3G
Keterangan: Dari pengalaman pribadi, beberapa komputer atau notebook sekarang ada yang tdk perlu melakukan injeksi driver sata, misalnya notebook acer type terbaru rata2 tdk membutuhkan driver sata, hanya perlu melakukan pengaturan interface hardisk pada bios, jika ingin menginstal windows XP maka ubah interface hardisk ke IDE, jika ingin instal windows vista ubah setting interface hardisk ke ACHI.
Setelah anda memperoleh driver sata komputer anda, yang anda perlu lakukan hanya melakukan injeksi driver sata tersebut
Software untuk menginjeksi driver sata ke windows installer adalah nlite (merupakan software freware), anda bisa mendownload software tsb di situs : http://www.nliteos.com atau http://www.nliteos.com/download.html

Setelah terdownload, coba instal nlite, jika tidak bisa terinstal biasanya di komputer anda perlu diinstal service pack windows XP, yaitu NET Framework 2.0
dapat anda download di:

1. Langkah selanjutnya adalah memulai proses injeksi driver sata ke windows installer. Proses ini harus anda lakukan di komputer teman yang sudah aktif windowsnya.
Copy seluruh isi cd windows installer ke dalam hardisk, beri nama direktori misal:WinXPSP2
Kemudian jalankan program nlite
clip_image002
2. Setelah itu Klik Next
clip_image003
3. Klik Browse, arahkan ke direktori yang berisi file windows installer ( D:WinXPSP2)
clip_image004
4. Kemudian Klik Next
clip_image005
5. Kemudian Klik Next, maka akan muncul kotak dialog berikut:
clip_image006
6. Klik Driver dan Bootable ISO hingga tombolnya berwarna hijau
(Driver : untuk mengintegrasikan driver misal driver sata ke dalam wiindows installer, anda juga bisa memasukkan driver yg lain)
(Bootable ISO agar windows installer yang anda buat bisa booting secara otomatis pada saat telah dicopy ke CD)
Klik tombol Next
clip_image007
7. Pilih Multiple driver folder jika drivernya lebih dari satu, jika hanya satu file saja pilih single driver
clip_image008
8. Cari file yang berisi driver sata komputer anda, setelah ketemu kilk OK
clip_image009
9. Klik Ok
clip_image010
10. Klik OK
clip_image011
11. Klik Yes pada kotak dialog "Do you want to start the process?"
clip_image012
12. Klik Next (Anda sudah berhasil mengintegrasikan driver sata ke windows installer), selanjutnya anda akan membuat file ISO atau langsung diburning ke CD blank
clip_image013
13. Sekarang anda bisa membuat dulu ISOnya, atau langsung memburning ke CD blank. Masukkan CD ke CD RW Drive kemudian tekan tombol Burn,
Selamat anda sudah mempunyai file master windows installer buatan sendiri.
14. Kemudian langkah selajutnya adalah kembali ke komputer pertama anda, jalankan komputer dan atur setting bios agar booting dimulai dari CD ROM.
15. Silahkan anda melakukan instalasi file windows installer dengan CD tadi, ikuti instrkusinya, pasti tidak akan minta driver sata lagi dan hardisk sata anda sudah dapat dikenali oleh Windows XP (jika belum dikenali berarti masih ada file driver sata yang belum anda injeksikan ke windows installer, silahkan lakukan kembali prosedur 1 s/d 12 untuk memperbaikinya)
Semoga sukses.....!!!!!!

No comments:

Post a Comment