Monday, November 16, 2009

Bagaimana cara meningkatkan page rank (google pagerank)

clip_image001
Ada beberapa teman yang sering menanyakan tentang bagaimana cara meningkatkan google pagerank blog. Saya akan coba memberikan jawaban berdasarkan pengalaman saja sebagai seorang pemula dalam hal blogging dan teknik seo). Mungkin jawaban ini tidak memuaskan tetapi bisa jadi bahan diskusi bersama.
Pertama yang harus diingat bahwa google merahasiakan formula untuk menghitung page rank sebuah blog (website). Sehingga jawaban saya hanya bersifat dugaan. Google menilai page rank sebuah blog berdasarkan pada banyak faktor (variabel) , google menganggap sebuah blog sebagai sebuah sistem, dalam sistem tersebut ada lebih 200 faktor yang berkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya, namun secara garis besarnya faktor-faktor tersebut dapat diurai menjadi beberapa faktor utama penentu pagerank.
A. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi page rank:
1. Backlink (link dari blog lain ke blog anda)
Backlink ini perlu diperhatikan, saat mencari backlink bukan hanya fokus pada jumlahnya (kuantitas) tetapi juga kualitas link. Semakin banyak jumlah backlink berkualitas maka akan semakin bagus blog anda.
Link yang berkualitas adalah link yang temanya relevan atau berhubungan dengan tema postingan blog ,(perlu diingat google memberikan rank untuk setiap halaman/postingan blog). Secara default google akan menjadikan keyword yang ada di judul postingan, dan keyword di label sebagai penentu tema postingan.
Nanti akan kita bahas beberapa cara mendapatkan backlink.
(Semakin besar perbandingan link masuk dan link keluar akan semakin baik pageranknya). Yang perlu diingat mendapatkan satu backlink dari blog dengan PR2 lebih baik daripada 10 link dari blog PR1 , demikian juga mendapatkan 1 link dari blog PR3 lebih baik dari 10 link blog PR2, demikian seterusnya...
ada beberapa jenis arah link:
a. Link satu arah (inbound link), b. link dua arah, c. link satu arah (direct link, outbound link)
catatan: a lebih baik dari link b, dan b lebih baik dari link c
2. Kesehatan link
Kesehatan link sangat perlu diperhatikan, usahakan 2 bulan sekali melakukan pengecekan terhadap link, bisa menggunakan google webmaster tools untuk mendiagnosa link-link yang bermasalah di dalam blog , yang harus diperhatikan:
a.death link (link mati) adalah link dari blog anda ke halaman lain (halaman target yang telah terhapus)
b.error link, ini biasanya disebabkan karena timeout, atau halaman di blog anda terhapus, tetapi masih tersimpan di cache google, solusi bersihkan arsip link di chace google, bisa gunakan google webmaster tools untuk menghapus link halaman di cache google
c. Dan berbagai permasalahan link lainnya, bisa dilihat disini link spamming
3. Trafik (banyaknya pengunjung blog)
Semakin tinggi trafik akan mempengaruhi atau memperbanyak jumlah klik pada blog, Semakin bayak aktivitas klik maka akan semakin bagus ranking blog.
4. Umur blog
Biasanya google menempatkan blog-blog baru atau blog yang bermasalah ke dalam sandbox, yaitu penyimpanan sementara (sebagai tempat karantina blog) jika google menilai blog tersebut layak untuk dinilai maka akan dikeluarkan dari sandbox, blog yang berumur kurang dari 3 bulan biasanya ditempatkan dulu di sandbox setelah itu akan dibebaskan untuk dinilai, biasanya yang bertahan lama di sandbox adalah blog baru yang jarang diupdate atau tidak terurus. Jika dianggap fatal kemungkinan google akan menghapus blog tersebut.
5. Mungkin ada teman yang punya pendapat lain silahkan ditambahkan di kotak komentar.
B. Cara mendapatkan backlink
1. Komentar di blog orang lain, sebaiknya di blog yang bersifat do follow
2. Buat beberapa blog dummy sebagai bumper (ladang ) untuk membackup blog utama.
Beberapa tempat yang bagus untuk membuat blog dummy adalah bloggaul indosiar ( http://www.bloggaul.com), blogdetik, squidoo, yahoo pulse, dll.
3. Membuat beberapa blog kemudian mengatur link agar setiap blog saling memberi link sehingga bisa saling mendongkrak pagerank masing-masing blog
4. Tukaran link dengan blog yang temanya relevan atau berkaitan dengan tema blog anda
5. Submit artikel ke social bookmark do follow, contohnya: http://artikelindonesia.com
6. Submit artikel ke social bookmak no follow, (link no follownya sepertinya dianggap oleh yahoo sebagai yahoo backlink, tetapi google tidak menganggap sebagai backlink, hal ini masih kontroversi bisa benar bisa tidak).
7. Submit ke web direktori, utamakan web direktori yang punya fitur untukmenampilkan feed blog
8. Jika punya modal cukup,bisa menyewa link di blog orang lain, durasi sewa link bisa per tahun, atau beberapa tahun (tidak disarankan)
9. Anda bisa membuat sebuah lomba SEO kemudian mengajak peserta SEO untuk melink blog anda, biasanya blog anda bisa kebanjiran backlink dan trafik. (ini adalah salah satu teknik link baiting, atau mengajak orang lain melink blog anda)
10. dll
C. Cara mendapatkan trafik
1. Submit artikel ke social bookmark lokal (Indonesia) : infogue, lintasberita, yahoo answer, dan berbagai forum lainnya, serta situs social networking seperti facebook, friendster, yuwie,tweeter, dll
2. Submit artikel ke situs social bookmark mancanegara seperti digg, delicious,selengkapnya bisa dilihat disini situs social bookmark
Perlu diingat saat submit artikel perlu memperhatikan letak direktorinya, tag (keyword), agar yahoo backlinknya berkualitas. Jika kuat ,maka cukup mensubmit masing-masing 100 artikel ke sekitar 150 situs social bookmark tersebut, maka bisa mendapatkan 150.000 yahoo backlink.
Namun kendalanya jika menggunakan situs social bookmark setiap 6 bulan atau bahkan ada yang 3 bulan linknya sudah dihapus,sehingga anda harus submit ulang 150000 link tersebut. Dengan tersebarnya link tersebut maka akan besar peluang untuk mendapatkan pengunjung.
3. Membuat artikel yang bermanfaat buat orang lain, dan selalu di update (postingan yang tidak bermanfaat pun diposting saja, contohnya di blog ini hanya postingan dasar yang terkadang dihujat karena tidak memberikan manfaat, jika sering diupdate maka lebih disenangi oleh google. Sehingga blog dapat lebih mudah muncul di halaman pertama google, dan tentunya berpeluang mendatangkan trafik.
4. Submit ke search engine, dan menerapkan beberapa tips dan trik seo on page dan off page untuk pemula yang bisa anda lihat di blog saya teknik seo untuk pemula
5. Memulai optimasi keyword dari keyword yang persaingannya kurang ketat di search engine.kemudian sedikit demi sedikit mengincar keyword yang ketat persaingannya.
6. Untuk meningkatkan page rank dan trafik butuh waktu dan butuh kesabaran, selain usaha juga perlu diiringi doa, jika belum berhasil terus berusaha jangan mudah patah semangat dan terus berdoa....berdoa...dan berdoa...kepada Allah SWT.
Catatan:
Postingan ini saya buat untuk melengkapi postingan sebelumnya tentang cara meningkatkan google pagerank dan alexa rank

No comments:

Post a Comment