Tuesday, August 18, 2009

Social Bookmark, Page Rank (pagerank), Trafik dan SERP

Sebagai seorang blogger pemula saya selalu bertanya, kira-kira apa hubungan antara social bookmark, page rank (google pagerank), trafik dan SERP (Search engine result pages) atau hasil penelusuran search engine seperti yahoo, google , bing, dll.
Ada beberapa pertanyaan yang mengganjal di fikiran:
1. Apakah situs social bookmark berpengaruh terhadap peningkatan pagerank sedangkan link artikel yang anda buat di situs tersebut di setting sebagai link no follow (link jenis ini tidak dinilai oleh robot google)
2. Apakah trafik berpengaruh terhadap peningkatan google pagerank
3. Apakah SERP berpengaruh terhadap peningkatan pagerank
4. Apakah pagerank berpengaruh terhadap SERP
5. Apakah trafik berpengaruh terhadap SERP
jadi saya coba menjawab pertayaan diatas, jawaban saya hanyalah jawaban dari seorang yang awam tentang teknik SEO. bisa benar dan bisa juga salah. jawaban ini hanyalah berdasarkan pengalaman dan dari hasil googling (Mr. Google). berdasarkan formula dasar tentang pagerank, bisa saja google merubah formulanya.
catatan:
Postingan ini saya buat sebagai respon untuk melangkapi jawaban atas pertanyaan beberapa teman-teman yang menanyakan lewat email tentang bagaimana cara meningkatkan page rank. (terus terang saya bingung menjawabnya, tetapi saya coba menjawab sesuai kemampuan saya)
Pertama sebelum membahas kelima pertanyaan di atas kita review dulu tentang Google Pagerank:
Ada beberapa variable yang digunakan oleh google dalam menilai pagerank
a. BackLink (link yang menuju ke blog anda, link satu arah dari blog lain ke blog anda lebih baik dari pada link dua arah).
Google menilai backlink dari aspek kualitas (relevansi dan besaran pagerank), yaitu link dari blog yang mempunyai relevansi dengan blog anda, misalkan blog anda topiknya komputer usahakan cari backlink atau tukaran link dengan blog yang bertema komputer) dan usahakan pageranknya lebih tinggi. karena goggle memberi bobot 1 bakclink dari blog dengan PR4 sebanding dengan 10 backlink dari PR3 (asumsi PR blog anda 3), ini hanya dugaan (bobotnya adalah rahasia google). demikian juga bobot 1 bakclink dari blog dengan PR3 sebanding dengan 10 backlink dari PR2 (asumsi PR blog anda 2), dan seterusnya. Ini hanya gambaran pentingnya anda mencari backlink dari blog dengan PR tinggi.
Google menilai backlink dari aspek kuantitas (banyaknya) backlink, semakin banyak akan semakin bagus.
Semakin tinggi kualitas backlink dan semakin banyak jumlahnya maka besar peluang meningkatkan pagerank. Google menganggap blog yang mempunyai banyak link atau tautan dianggap lebih penting daripada yang kurang tautannya.
Tetapi anda harus berhati-hati agar anda tidak mmendapat link dari blog yang tidak diurus. Semakin banyak link menuju kesana daripada link dari blog yang bagus maka berpeluang menurunkan pagerank blog anda. Google idak senang denga blog yang tidak diurus (diupdate).
2. Banyaknya link yang terdapat dalam blog anda, frekuensi klik link dan sebaran link di dalam blog. Anda bisa memasang banyak anchor text (link) di dalam postingan yang saling melink dengan postingan lain, agar secara alami terbangun link antar halaman dan memungkinkan terjadi banyak klik pada anchor teks dalam blog anda
Semakin banyak jumlah klik di dalam blog anda maka akan semakin besar peluang meningkatkan pagerank.
Sekarng kita kembali pada kelima pertanyaan di atas:
1. Apakah situs social bookmark berpengaruh terhadap peningkatan pagerank sedangkan link artikel yang anda buat di situs tersebut di setting sebagai link no follow (link jenis ini tidak dinilai oleh robot google)
Jawab:
Secara langsung tidak berpengaruh, tetapi berpeluang mendatangkan trafik ke blog anda, dan klik yang terjadi di blog anda yang bersumber dari situs social bookmark akan dinilai oleh google
2. Apakah trafik berpengaruh terhadap peningkatan google pagerank
trafik secara tidak langsung meningkatkan jumlah dan frekuensi klik di dalam blog anda semakin banyak klik yang terjadi akan semakin baik, tetapi klik saja tidak cukup harus diimbangi dengan backlink (perhatikan aspek kualitas dan kuantitas).
3. Apakah SERP berpengaruh terhadap peningkatan pagerank
Semakin banyak link blog anda yang muncul di halaman pertama penelusuran search engine (google) maka semakin besar beluang mendatangkan trafik ke blog anda, berarti semakin besar peluang meningkatkan klik di blog anda. SERP secara tidak langsung membantu meningkatkan pagerank.
4. Apakah pagerank berpengaruh terhadap SERP
5. Apakah trafik berpengaruh terhadap SERP
Keduanya berpengaruh tetapi secara pastinya adalah rahasia google.
dari pengalaman, ada blog yang PR rendah tetapi SERP lebih baik dari blog yang PR-nya lebih tinggi. Mungkin SERP tergantung dari teknik SEO yang diterapkan pada masing-masing blog, apakah teknik SEO melanggar aturan google atau sesuai dengan aturan google.
Tentang kesimpulan dari kelima pertannyaan di atas:
Social bookmark, pagerank, trafik dan SERP mempunyai kaitan yang erat. Social bookmark secara tidak langsung merupakan salah satu cara utuk meningkatkan trafik, pagerank dan SERP.
Selain social bookmark anda bisa juga memanfaatkan social networking (yuwie,friendster, facebook) dan web direktori untuk meningkatkan trafik.
Beberapa situs social bookmark yang bisa anda gunakan untuk promosi blog dan submit artikel adalah:
1. social bookmark lokal (infogue,lintas berita, dll)
2. social bookmark mancanegara
Untuk anda yang senang mempelajari teknik seo lainya bisa gunakan link berikut teknik seo blogspot

No comments:

Post a Comment