Sunday, May 17, 2009

Tentang Google Sitemap

clip_image001
Secara umum, ada dua jenis Sitemaps.
1. jenis sitemap untuk halaman HTML yang berisi daftar halaman situs anda , dan dimaksudkan untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan.
2. XML Sitemaps - Sitemaps biasanya diaktifkan dengan script yang anda peroleh dari google sitemap kemudian dipasang ke template website anda - adalah salah satu cara bagi Anda untuk memberikan informasi tentang situs anda ke Google.
Dalam hal sederhana, Sitemap adalah daftar halaman di situs Web Anda. Membuat dan mengajukan Sitemap membantu memastikan bahwa Google mengetahui tentang semua halaman di situs Anda, termasuk URL yang mungkin tidak terpantau oleh Google secara normal.
Sitemap sangat membantu jika:
* Situs Anda memiliki konten dinamis.
* Situs Anda memiliki halaman web yang tidak mudah ditemukan oleh Googlebot selama proses jelajah pada situs anda - misalnya, halaman yang kaya akan grafis atau Flash. * Situs baru dan memiliki beberapa link ke halaman lain. (Googlebot menjelajahi web berikut dari satu link ke halaman lain, jadi jika website anda tidak terhubung dengan baik, mungkin akan sulit bagi googlebot untuk menemukannya.)
* Situs anda memiliki arsip konten halaman yang besar, yang tidak terhubung dengan baik satu sama lain, atau tidak terhubung sama sekali.
Anda juga dapat menggunakan Sitemap ke Google dengan memberikan informasi tambahan tentang halaman anda, termasuk:
* Seberapa sering sebuah halaman di situs anda berubah. Misalnya, Anda dapat memperbarui halaman posting perminggu, tetapi memperbarui halaman "About Me" halaman hanya sekali setiap beberapa bulan.
* Tanggal setiap halaman terakhir dimodifikasi.
* Pengaturan bobot (prioritas) halaman di situs anda pada googlebot. Misalnya, Anda mungkin memiliki halaman home yang diberi bobot 1.0 oleh Googlebot, halaman kategori memiliki bobot 0,8, dan setiap entri blog atau halaman produk memiliki bobot 0,5. Prioritas ini hanya menunjukkan pentingnya tertentu URL dengan URL lainnya di situs Anda, dan tidak mempengaruhi peringkat pada halaman hasil pencarian.
Sitemap memberikan informasi tambahan mengenai situs anda ke Google, Situs tidak pernah dikenakan sanksi karena mengirimkan Sitemap.
Google mematuhi Sitemap Protokol 0,9 seperti yang didefinisikan oleh sitemaps.org. The Sitemap Protocol adalah istilah dari XML Sitemap untuk rangkuman informasi yang relevan dengan web crawlers. Sitemap dibuat untuk Google menggunakan Sitemap Protocol 0,9 karena itu kompatibel dengan mesin pencari lainnya yang mengadopsi standar sitemaps.org.
Sementara standar Sitemap bekerja untuk sebagian besar situs, Anda juga dapat membuat dan mengirimkan Sitemap khusus untuk beberapa jenis searchengine. Google Sitemap format ini adalah khusus untuk search engine google dan tidak digunakan oleh mesin pencari lainnya. Google sitemap merupakan salahsatu metode yang digunakan para webmaster untuk optimasi SEO.

No comments:

Post a Comment