Monday, March 23, 2009

Cara memilih kata yang tepat untuk judul postingan blog menggunakan Google Search Tools

clip_image001

Buat teman-teman yang masih pemula seperti saya, mungkin jarang memanfaatkan fasilitas gratis yang disediakan oleh Google ini, karena menganggap cukup dengan menggunakan Google Keyword Tools External sudah cukup bisa lihat bahasannya disini (Google Keyword Tool)
Saya terkadang memadukan Google Keyword Tools dan Google Search Tools untuk memilih kata(frase/keyword) yang akan saya gunakan pada judul postingan dan isi postingan. Agar dapat memperoleh kata yang populer di google yang dapat digunakan sebagai judul postingan website (blog).
Jika anda tertarik untuk menggunakan Google Search Tools ini, silahkan klik disini Google Search Tools:
akan muncul halaman yang pasti tidak asing lagi buat anda.
1. Ketik kata (frase /keyword) yang akan anda gunakan:
Contoh: setting modem
clip_image002
2. Lihat di status bar browser anda sebelah kiri bawah desktop(ada kata waiting.....) anda bersabar menunggu sebentar hingga kata "waiting...." berubah jadi "Done"
clip_image003
3. Tampilan statusbar browser "Done"
clip_image0044. Maka di Google search akan muncul tampilan kotak dropdown berikut yang berisi 10 besar query pencarian google. Terlihat bahwa kebanyakan pengguna search engine mengetik keyword "setting modem adsl" sekitar 355.000.
clip_image005

5. Anda bisa mengujinya dengan keyword yang lain:
Saya menggunakan keyword "konfigurasi modem"
clip_image006

6. Maka akan muncul kata "konfigurasi modem adsl" tersebut mempunyai nilai rata-rata pencarian oleh user 21.400
Bandingkan pemakaian kata "setting modem" dengan "konfigurasi modem", saya yakin anda lebih memilih setting modem, karena kata tersebut menurut hasil analisis google kata "setting modem...." lebih sering digunakan daripada kata ""konfigurasi modem ..."
Selain memanfaatkan cara di atas saya terkadang mengetik langsung kalimat yang agak panjang di google search untuk mencari popularitas keyword tersebut.
Misalnya keyword: "setting modem im2", "konfigurasi modem im2", dll, semakin besar angka dari hasi penelusuran (lihat bulatan biru) semakin baik kata tersebut anda gunakan sebagai judul postingan blog anda.
clip_image007
Beberapa kesalahan yang terkadang tidak disadari saat membuat postingan:
1. Menggunakan kata-kata yang tidak baku, seperti dibeberapa postingan blog yang saya pernah saya temukan : misalnya:
a. pingin seharusnya ingin
b. bro seharusnya teman
c. seting modem seharusnya setting modem
(Catatan: kata-kata tidak baku tersebut bisa anda gunakan, keuntungannya jika kata tersebut dideteksi oleh google sering digunakan user search engine, maka kata tersebut bisa saja masuk ke dalam listing keyword google, tetapi kerugiannya: anda kalah langkah dengan teman yang menggunakan keyword yang telah dikenali (populer) di google, anda harus bekerja keras dan berharap banyak orang menggunakan keyword tersebut, kemudian google menganalisis keyword tersebut, layak atau tidak dimasukkan ke list keywordnya. Peluang postingan blog teman anda besar peluangnya muncul di 10 besar pencarian google, sedangkan anda masih berjuang meyakinkan google bahwa keyword anda layak diterima google. (Ini hanya opini pribadi saja, dan kemungkinan saya salah menafsirkan).
2. Menggunakan kata singkatan dalam postingan, misalnya:
a. dll seharusnya dan lain lain
b. dsb seharusnya dan seterusnya
(catatan: Cara kedua ini sering saya sendiri melanggarnya, karena kadang sudah malas mengetik jadi pakai jalan pintas, "singkatan kata"). Terkadang jika saya melihat di Google Analytic halaman yang banyak singkatan katanya banyak pengunjungnya, terpaksa harus edit ulang agar kata-kata yang ada dalam postingan bisa lebih mengikuti aturan google)
Silahkan dicoba cara menentukan keyword blog di atas, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang masih pemula agar blognya lebih bersaing di search engine google.

No comments:

Post a Comment