Saturday, January 17, 2009

Menggunakan disk defragmenter untuk mengatur file di hardisk


clip_image001
Menggunakan disk defragmenter untuk mengatur file di hardisk. Disk defragmenter adalah merupakan salah satu tools bawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file dihardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering instal program, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktifitas managemen file lainnya. Oleh karena file tersebut jika diandaikan lembaran-lembaran kertas, maka sebagian merupakan lembar kuitansi, lembar catatan harian dan lembaran lain jika tidak diatur akan berserakan di dalam lemari atau meja anda. Maka supaya mudah anda mendapatkan file tersebut ada baiknya dimasukkan ke dalam map(folder), sehingga jika anda mencari file kuitansi hanya perlu mengambil map kuitansi saja, tidak perlu mengganggu map yang lainnya. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang dibutuhkan.
Berikut tutorial menggunakan disk defragmenter:
1. Pada start menu pilih program->Acessories -> System Tools -> Disk defragmenter
clip_image003
2. Setelah itu pilih drive yang berisi file windows anda (misalnya drive C), secara default windows diinstal di drive C
clip_image005
3. Kemudian klik tombol Analyze, tunggu hingga windows melakukan analisa terhadap file-file di hardisk anda. Jika ada file yang belum terfragmentasi maka kotak dialok untuk melakukan defrag. Tekan tombol defrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 - 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag
clip_image007
Catatan:
Proses defrag ini sebaiknya dilakukan sekali sebulan jika banyak melakukan prubahan file pada hardisk anda, jika jarang melakukan perubahan sebaiknya sekali dalam 2 bulan.

No comments:

Post a Comment